Distributor karbon aktif untuk air dan emas dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Distributor dan Supplier Karbon Aktif Autec | Pengolahan Emas dan Filter Air

Buy Now

Senin, 10 Juli 2023

Peran Karbon Aktif dalam Pengolahan Emas yang Berkualitas

Kualitas Karbon Aktif untuk Pengolahan Tambang Emas

Pada industri pertambangan khususnya emas, karbon aktif memegang peranan yang cukup penting. Namun peranan ini tentu saja bergantung pada seberapa bagus kualitas karbon aktif untuk pengolahan tambang emas, timah, seng dan lain sebagainya. Kira-kira kriteria apa saja yang mempengaruhi kualitas karbon aktif?

Pemanfaatan Karbon Aktif

Karbon aktif menjadi senyawa dengan banyak fungsi dan kegunaan. Salah satu fungsi yang utama yakni penggunaannya dalam proses pemurnian atau penjernihan. Adapun banyak industri yang menggunakan karbon aktif dalam proses pembuatan produk mereka baik itu usaha skala besar atau kecil.

Misalnya pada industri pupuk yang menggunakan karbon aktif sebagai senyawa pemurnian, lantas pada perusahaan soda yang menggunakan karbon dalam pengolahan airnya, lalu penggunaan karbon aktif juga ditemui dalam industri makanan dan farmasi. Tak hanya itu pada usaha laundry karbon aktif juga digunakan sebagai penyaring air sisa pada proses pembilasan.

Menariknya lagi, karbon aktif juga digunakan dalam bidang pertambangan sebagai adsorben atau penyerap hasil pertambangan. Nah, pertambangan yang menggunakan karbon aktif ini antara lain tambang timah, emas, tembaga dan lain sebagainya.

Kualitas Karbon Aktif dalam Pengolahan Tambang Emas

Dalam proses penambangan emas dengan metode modern, kita akan menemui berbagai alat yang mampu memudahkan proses pemisahan antara bebatuan dengan emas. Ada beberapa bahan kimia yang digunakan dalam proses ini dan salah satunya adalah karbon aktif yang bermanfaat sebagai penyerap atau pengikat emas.

Kualitas karbon aktif dalam pengolahan tambang emas ini akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapat. Oleh karena itu sebelum memilih, pastikan jika karbon aktif yang dipilih mampu memberikan hasil terbaik. Beberapa indikator yang menjadi catatan dalam pemilihan karbon aktif yakni dari kandungan abu yang menempel di permukaannya, sisi densitas atau kekerasannya, serta ukuran karbon.

Intinya kualitas karbon aktif yang baik biasanya bisa dikenali dari tingkat ketahanannya yang tinggi, pori-pori alami, memiliki tingkat kekerasan yang tinggi (hingga 99%), kandungan abu yang rendah max 3%, memiliki CTC tinggi sekitar 50-60% serta memiliki bentuk yang seragam.

Namun perlu dijadikan catatan pula jika tidak semua karbon aktif mampu memberikan kontribusi pada proses pengolahan tambang emas. Untuk itu disarankan sebelum membeli untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan ahli guna memastikan hal ini.

Oleh karena itu, Karbon Aktif Autec hadir untuk membantu penambang emas dalam mewujudkan hasil yang ingin didapat. Bisa sahabat dapatkan dengan cara hubungi kami admin Karbon Aktif Autec.