Distributor karbon aktif untuk air dan emas dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Distributor dan Supplier Karbon Aktif Autec | Pengolahan Emas dan Filter Air

Buy Now

Senin, 19 Juni 2023

Pengertian Karbon Aktif, Manfaat dan Ciri-cirinya | Karbon Aktif Pengolahan Emas dan Filter Air

 Apa Itu Karbon Aktif?

Karbon aktif merupakan suatu material yang mengandung karbon dan berbentuk padatan yang berpori. karbon aktif diperoleh dari bahan yang memiliki kandungan unsur karbon baik tumbuhan, hewan atau barang yang dipanaskan pada suhu tinggi namun tidak teroksidasi. karbon aktif memiliki kemampuan sebagai adsorben atau zat penyerap karena memiliki pori dan luas permukaan yang lebih besar sebagai tempat menangkap atau menyerap partikel. karbon aktif juga merupakan bahan penting untuk pemurnian, penghilang warna, adsorben, dan katalis dalam industri kimia. karbon aktif dapat diproduksi dari berbagai bahan atau material yang mengandung unsur karbon dengan proses pirolisis. Bahan baku untuk memperoleh karbon yang bagus dengan daya serap yang maksimal yaitu karbon aktif dari tempurung kelapa.


Karbon aktif juga kaya akan manfaat dan kegunaan, sekarang ini banyak sekali produk karbon aktif yang dijual di pasaran, namun tahukah anda bagaimana cara untuk memilih karbon aktif dengan kualitas terbaik? Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih karbon aktif, agar kualitasnya dapat digunakan dengan maksimal.

Karbon aktif yang berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. memiliki materials adsorben (daya serap material) yang tinggi.
2. kecepatan daya serap yang baik.
3. sedikit kandungan debunya.
4. luas permukaannya besar.
5. telah melalui aktivasi yang teliti dengan suhu dan tekanan tinggi.
6. diproduksi melalui proses laboratorium yang berstandar tinggi.
7. Memiliki Iodine yang tinggi.

Karbon aktif menjadi produk yang kegunaannya sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, antara lain industri, kesehatan, lingkungan, pertanian dan pertambangan. Pada bidang Industri penggunaan utama dari karbon aktif adalah untuk pemurnian larutan, salah satunya yaitu sebagai filtrasi air untuk dikonsumsi maupun air yang sudah terkontaminasi zat kimia sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari melalui proses penjernihan air dengan cara pengendapan/sedimentasi dan penyaringan/filtrasi menggunakan bantuan karbon aktif. karena arang (karbon aktif) memiliki daya serap yang baik terhadap partikel yang sangat halus, penyerap bau, dan warna yang terdapat di air. sehingga air yang telah melalui proses pengendapan dan filtrasi akan menjadi jernih, tidak berbau dan berwarna.

Selain berguna untuk kegiatan industri yang membantu kebutuhan manusia, karbon aktif juga sangat banyak digunakan para penambangan emas. Indonesia sendiri memiliki banyak peminat dalam kegiatan pertambangan, karena merupakan sektor yang cukup menjanjikan, baik dari pertambangan tradisional maupun modern. adapun beberapa produk kimia yang digunakan untuk proses mengekstraksi emas, dimana bahan tersebut berperan sebagai pengikat emas.  maka dari itu karbon aktif memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengolahan emas.


pemilihan produk karbon aktif yang tepat akan berdampak pada hasil yang didapatkan, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui produk karbon aktif yang paling tepat dan berkualitas untuk pengolahan emas. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih jenis karbon yang berkualitas yaitu seperti segi kekerasannya, kandungan abu yang menempel, ukuran karbon yang dimiliki.

Sebagai penambang emas harus pandai dan selektif dalam memilih jenis karbon aktif, karena tidak semua jenis karbon itu memiliki karakteristik yang dapat berkontribusi pada proses filtrasi dan pengendapan.. Karbon aktif AUTEC adalah jenis karbon yang tepat untuk digunakan dalam pengolahan tambang emas, Penjernihan air,  karena memiliki iodin yang tinggi, permukaan yang luas, abu yang sedikit dan juga memiliki volume yang padat. Karbon aktif ini digunakan untuk proses penambang emas yang terdapat dalam olahan lumpur.

Karbon aktif AUTEC dengan kualitas dan mutu terbaik bisa anda dapatkan dengan cara hubungi kami admin karbon aktif AUTEC.
Previous
This Is The Oldest Page

3 comments

Sangat terbantu sekali dengan penjelasan materi yang disampaikan. Terimakasih.

Materinya lengkap dan bagus untuk menambah wawasan saya tentang pertambangan emas. hatur nuhun kang..

Thanks mas bro untuk materinya, sangat membantu untuk saya.