Distributor karbon aktif untuk air dan emas dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Distributor dan Supplier Karbon Aktif Autec | Pengolahan Emas dan Filter Air

Buy Now

Kamis, 06 Juli 2023

Mengenal Karbon Aktif : Pengertian, Fungsi dan Perbedaannya dengan Arang

Mengenal Karbon Aktif Autec

Karbon aktif sering kali disebut dengan arang aktif, namun memiliki perbedaan dengan arang biasa yang sering kita temukan disekitar kita. Karbon aktif memiliki luas permukaan yang lebih besar dibanding dengan arang biasa. Selain itu, dari segi harga pun berbeda sangat jauh.
Dalam perkembangan industri, kebutuhan karbon/arang aktif semakin meningkat. Dari produk ini banyak manfaat yang dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bidang. Salah satu nya seperti tambang emas dan filter air.


Memangnya, karbon aktif sama dengan arang? Terbuat dari bahan apa?

Apa yang dimaksud Karbon Aktif ?

Ada beberapa pengertian karbon aktif menurut berbagai sumber, antara lain : 
1. Atmayudha (2007)
Senyawa karbon yang telah ditingkatkan daya adsorpsinya dengan proses aktivasi. Proses ini terjadi dengan menghilangkan hidrogren, gas-gas dan air dari permukaan karbon sehingga terjadi perubahan fisik pada permukaannya.
2. Dewi, Azhari dan Nofriadi (2020)
Suatu bahan yang mengandung unsur karbon sebanyak 85-95% berbentuk padatan berpori.

Intinya karbon aktif adalah suatu bahan yang mengandung unsur karbon yang berpori dengan luas permukaan yang besar sehingga banyak digunakan dalam berbagai aplikasi salah satunya sebagai penyerap (adsorben).

Baca Juga | Apa yang dimaksud dengan Adsorben dan Adsorpsi

Apa Karbon Aktif Sama dengan Arang ?


Karbon aktif atau yang sering disebut arang aktif memiliki pori-pori dan permukaan yang luas dibanding arang biasa. Sebab dihasilkan dari proses pembakaran dengan suhu tinggi dan direndam dengan larutan kimia tertentu seperti HCI. Secara kegunaan nya juga berbeda, arang biasa sering kali kita jumpai untuk membakar sate atau barbeque, sedangkan arang aktif atau karbon aktif digunakan untuk berbagai proses industri misalnya penyaringan air, penghilang bau, pertambangan emas dan lain-lain.


Untuk harga jual arang biasa dan arang aktif sangat berbeda jauh. Jika 1 kg arang biasa harganya Rp. 5.000 per kg, maka harga arang aktif bisa mencapai Rp. 850.000 - 1.000.000 per 25 kg, harga tersebut tergantung spesifikasi iodine dan mesh. Sungguh berkali-kali lipat perbedaan harganya.

Karbon Aktif itu Terbuat dari Apa ?

Bahan dasar pembuatan karbon aktif yaitu yang mengandung lignoselulosa, seperti tandan kosong kelapa sawit. Bahan dasar lain yang dapat digunakan dalam proses pembuatan nya seperti limbah pertanian, akar, batang, tempurung, kulit kayu, daun hingga bunga.

Walau demikian, arang aktif yang beredar biasanya terbuat dari kayu, tempurung kelapa dan batu bara.

Karbon aktif AUTEC dengan kualitas dan mutu terbaik bisa anda dapatkan dengan cara hubungi kami admin karbon aktif AUTEC.

3 comments

Daerah mana tuh kang jual karbon aktifnya?

Tangerang boss, pengiriman langsung dari Jakarta. Temukan kita di facebook atau bisa chat kita di whatsapp ya boss.